Tips Mengatasi Insomnia (susah tidur)

21.09.00
Link sehat-Tips mengatasi insomnia (susah tidur).Insomnia merupakan suatu kondisi disaat seseorang mengalami merasa kesulitan untuk tidur atau tidak bisa untuk tidur dalam waktu yang cukup sesuai kebutuhan tubuh walaupun sipenderita insomnia merasa mempunyai kesempatan untuk tidur.
Menurut sebuah penelitian dari  Sleep Of Foundation,Ohio menyatakan bahwa hampir 2/3 orang dewasa pernah mengalami insomnia,baik dalam tingkatan yang ringan hingga tingkatan yang parah.

Insomnia dapat menyebabkan efek negatife bagi tubuh penderitanya seperti:Kondisi fisik menjadi tidak fit (tidak bugar) ketika berakativitas ke esokan harinya.Insomnia (susah tidur) dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti;

  • Stres Yang Berlebihan.
  • Suasana (Ruangan) tidak tenang.
  • Ranjang (tempat tidur) tidak nyaman.
  • Perubahan pola hidup.
  • Jam kerja yang berubah-ubah sehingga jam tidur ikut berubah.
  • Efek samping dari pemakaian obat.
  • Suka mengkonsumsi minuman beralkohol Dan faktor penyebab lainnya.
Tips Mengatasi Insomnia (susah tidur)
linksehat:insomnia-tips

Berikut Tips Mengatasi Insomnia (susah tidur),diantaranya:

  1. MEMBUAT JADWAL UNTUK TIDUR DAN JADWAL UNTUK BANGUN TIDUR.Membiasakan diri untuk tidur dan bangun tidur pada waktu yang sama setiap harinya.Hal ini akan membuat atau akan menyalakan tombol otomatis pada tubuh anda sehingga akan terbiasa tidur dan bangun tidur sesuai dengan jadwal yang anda buat.Lakukanlah hal ini walaupun disaat anda sedang libur bekerja.
  2. MEMPERHATIKAN JAM MAKAN MALAM.Taukah anda bahwa tubuh tidak bisa beristirahat selama masih melakukan proses pencernaan?Jadi sebaiknya anda melakukan makan malam paling lambat pada jam 18.30 s/d 19.00 malam dan aturlah porsi makan anda agar tidak berlebihan.Tapi walaupun demikian,anda jangan pergi tidur dengan perut keroncongan.Apabila anda merasa lapar sebaiknya mengkonsumsi biskuit/kue mengandung karbohidrat untuk meningkatkan level seretonin yang membuat tidur anda semakin lelap.
  3. BEROLAHRAGA.Olah raga akan meningkatkan kualitas dan kuantitas waktu tidur,karena adanya tahap perbaikan sel tubuh serta sistem imunitas.Namun,jangan berolah raga kurang dari 3 jam sebelum tidur,karena tubuh masih terlalu.panas untuk beristirahat.
  4. Hot bath (mandi air hangat).Mandi air panas kurang lebih 2 jam sebelum mulai tidur agar suhu tubuh meningkat.Hal ini dapat membantu karena saat temperatur tubuh kembali menurun secara perlahan anda akan lebih gampang tidur.
  5. MATIKAN LAMPU DAN JANGAN RIBUT.Ruangan yang tenang dan gelap adalah satu point paling penting,karena dapat merangsang produksi melatonin/hormon yang dihasilkan saat tidur.
  6. KOPI BOLEH ASAL.Jika anda penikmat kopi sebaiknya minumlah kopi 6 jam sebelum tidur dan pilihlah kopi yang kandungan kafeinnya paling rendah.
  7. BEBAS NIKOTIN DAN ALKOHOL.Roko adalah stimulan efektip yang dapat membuat tubuh merasa nervous selama berjam-jam.Alkohol dapat membuat anda mengantuk selama beberapa gelas,tapi ketika efeknya hilang tidur pulas akan menjadi lebih sulit seiring rasa gelisah yang sering timbul.
  8. RANJANG (TEMPAT TIDUR) YANG NYAMAN.Sebaiknya gunakan tempat tidur yang memungkinkan anda untuk bergerak dengan mudah dan bebas.
  9. TIDUR DAN SEKS.Asosiasikan ranjang anda hanya untuk tidur dan making love dan tidak untuk yang lainnya.
  10. STOP STRES.Agar dapat tertidur dengan pulas,cobalah untuk menenangkan pikiran anda dan jauh-jauh dari stres.

Demikianlah pembaca link sehat posting saya mengenai Tips Mengatasi Insomnia (susah tidur).Semoga beberapa tips diatas dapat membantu masalah insomnia anda.Terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2018 link sehat ✔